Friday, June 23, 2006

Menjadi sendiri dan terlupakan, menurut sebagian orang terasa menyakitkan. kadang membuat sebagian lainnya menjadi marah dan agresif. menurut wa, sendiri dan terasingkan bukanlah akhir dari segalanya. kadang manusia haruslah merasa sendiri dan terasing untuk dapat menemukan eksistensi dirinya dalam kehidupan. pencapaian dari segala pencarian manusia kadang didapatkan saat mereka merasa sendiri. menjadi asing di tengah keramaian adalah biasanya. menjadi tidak biasa ketika kita bertingkah laku diluar batas kewajaran di tengah ramainya manusia.

seorang teman pernah berkata: " ... Hanya mereka yang berani menuntut haknya, pantas diberikan keadilan. Kalau mahasiswa Indonesia tidak berani menuntut haknya, biarlah mereka ditindas sampai akhir zaman oleh dosen-dosen mereka."

berbahagialah mereka yang berani menuntut haknya dan mau memperjuangkannya. walaupun keadaan di lapangan, tidaklah selalu sesuai dengan apa yang diharapkan. mungkin hal utama efek yang paling terasa terasing dan sendiri dalam kehidupan KAMPUS. hampir setiap saat selalu saja ada yang memandang remeh. ada pula yang memusuhi tanpa sebab yang jelas. atau menjadi terasing walau di dalam kelas sendiri. walaupun kadang para penuntut hak harus kuliah lebih lama dari yang lainnya.

berbahagialah mereka yang selalu berjuang, karena keadilan sesungguhnya hanyalah untuk mereka...dan jangan menjadi pengecut melihat ketidakadilan didepan mata. dan menjadi penurut dari kesewenang-wenangan yang nyata. sungguh hina mereka yang lari dari dari kenyataan...dan hanya menuruti nafsu duniawi semata.jika tak bisa berteriak, tulislah. jika tak bisa menulis, berdoalah. semoga saja kau bukan bagian dari mereka...

"hidup adalah soal keberanian, menghadapi yang tanda tanya
tanpa kita mengerti, tanpa kita bisa menawar
terimalah dan hadapilah "


No comments: